Kisah nabi Sulaiman

 Nabi Sulaiman a.s dan seekor semut

Suatu hari nabi Sulaiman a.s sedang berjalan-jalan melihat keadaan penduduknya. Tiba-tiba beliau melihat seekor semut hitam. Kemudian nabi Sulaiman menyuruhnya berhenti dan beliau bertanya :" Wahai semut berapakah rezeki mu dalam waktu satu tahun".

"Wahai Rasulullah, tiap tahunnya hamba hanya butuh makan satu biji jagung".

"Baik kalau begitu aku ingin membuktikannya" kata nabi Sulaiman.

Lalu beliau mengambil sebuah botol dan semut tersebut dimasukkan kedalam botol dan disertakan juga satu biji jagung sebagai makanannya. Botol ditutup dan kemudian ditunggu satu tahun kemudian.

Setelah satu tahun kemudian, nabi Sulaiman membukakan tutup dan melihat keadaan si semut yang masih berada dalam botol yang berbekal sebiji jagung. Tapi apa yang terjadi ? Nabi Sulaiman terheran- heran, biji jagung itu hanya dimakan separuhnya. Dan masih sisa separuhnya lagi.

Melihat kenyataan itu nabi Sulaiman bertanya kepada si semut :
"Wahai semut, kau telah bilang sendiri bahwa dalam satu tahun, makananmu satu biji jagung, tapi kenapa kenyataannya kau hanya menghabiskan separuhnya saja"?

Si semut menjelaskan :" Begini ya nabi, Dikala ketergantunganku hanya kepada Allah SWT , Maka aku berani menghabiskan satu biji jagung ini. Sedangkan sekarang ini engkau yang menjamin rezekiku, maka aku habiskan separuhnya. Sebab jika sekarang ini engkau lupa dan tidak membuka tutup botol pada tahun ini maka aku akan memakan yang separuhnya lagi untuk tahun depan".

Si semut menjelaskan sungguh-sungguh dengan raut wajah yang serius. Nabi Sulaiman a.s mendengarkan keterangannya serta tersenyum malu, benar juga alasannya.

Kamis 2 Maret 00:14 dini hari.

AC.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak batal puasa Menurut fiqh

Kisah Abu Bakar r.a

Kisah Hudzaifah dan Umar