Kisah Abu Bakar r.a

Kelebihan Abubakar Radhiyallaahu 'anhu.

Abubakar r.a adalah seorang shahabat nabi yang paling utama.Ia telah bersahabat dengan nabi kita sebelum beliau diangkat jadi rasul.Orang yang pertama masuk islam dari kalangan orang tua adalah abubakar r.a.

Ketika rasulullah didustakan oleh pihak kafir quraish perihal isra' mi'raj beliau, maka orang yang pertama membenarkan beliau adalah Abubakar r.a.

Abubakar r.a. juga yang menemani rasulullah s.a.w hijrah kemadinah saat turun perintah untuk berhijrah.

Seluruh kebaikan para Shahabat telah dibalas oleh rasulullah, akan tetapi kebaikan Abubakar r.a. hanya allah swt yang membalasnya.

Beliau r.a. juga yang menggantikan posisi menjadi imam shalat berjama'ah pada waktu nabi shallallaahu 'alaihi wasallam mengalami sakit yang menyebabkan meninggalkan dunia.

Abubakar adalah orang yang paling banyak mengorbankan hartanya untuk agama pada saat perang tabuk, sehingga dikatakan  ia hanya meninggalkan Allah dan rasulnya untuk keluarganya.

Abubakar r.a. juga adalah mertua rasulullah s.a.w.

Beliau r.a. adalah khalifah pertama dalam islam setelah rasulullah s.a.w wafat.

diantara kata-kata Abubakar r.a. adalah : " Apakah agama akan mati sedangkan Abubakar masih hidup"

Hingga wafatnyapun beliau tetap disamping rasulullaah s.a.w. di madinah yakni bersebelahan makamnya.

Abubakar r.a. adalah orang yang dikhabarkan surga ketika masih lagi didunia, termasuk orang pertama yang mendapat khabar mengenai surga dari sepuluh shahabat yang dijamin masuk surga.

Abubakar r.a. adalah orang yang sulit untuk diikuti atau ditiru hingga bahkan umar r.a. sekalipun karena umar pernah mengatakan demikian , bahkan kata umar lagi satu malamnya abubakar lebih baik dari malamnya seluruh keluarga umar r.a.

Pernah seluruh malaikat dilangit memakai pakaian dari karung kerana memuliakan abubakar r.a. sebab abubakar r.a. waktu itu memakai pakaian dari karung.

Allah s.w.t. pernah kirim salam kepada Abubakar r.a.

Alkisah

Suatu ketika Allah s.w.t. memerintahkan malaikat jibril a.s. untuk melihat surganya Abubakar r.a. maka malaikat jibril a.s. telah pergi terbang dengan mengepakkan 600 sayapnya. Padahal jika satu sayap saja di bentangkan maka seluruh  timur akan tertutup dan gelap, jika dibuka dua sayap maka timur dan barat akan gelap. Maka terbanglah malaikat jibril a.s. hingga terus , terus, dan terus terbang...Sudah lama sekali malaikat ini terbang mungkin ribuan tahun atau ratusan ribu tahun.  Akhirnya letih, lelah, capek dan penatpun datang. Malaikat jibril a.s. mengeluh dan ia bertanya kepada Allah s.w.t. "Ya Allah Sudah sampai dimana aku terbang". Maka jawab Allah s.w.t. " Wahai malaikatku  kamu terbang belum begitu jauh, Taman surganya Abubakar r.a. pun belum lagi habis engkau kitari'. Sekitar ribuan bahkan ratusan ribu tahun terbang taman surganya pun belum lagi habis, Subhaanallaah..MASYA ALLAH. Bagaimana dengan surganya ya ?...

Kepahaman

diwaktu rasulullah s.a.w. wafat seluruh shahabat hampir tidak percaya, bahkan umar r.a berkata "Siapa yang mengawtakan muhammad telah mati, maka akan kupancung lehernya". Tapi Abubakar r.a. malah tidak gayah imannya dan tetap pendiriannya, tetap tegar dan teguh. Beliau berkata dengan membacwwa ayawtww suci Al quran " Innaka mayyitun, wa innahum mayyitun : Sesungguhnya engkau akan mati dan mereka juga akan mati ". dan  " WAMAA MUHAMMADUN ILLAA RASUUL, QAD KHALAT MIN QABLIHIR RUSUL, AFAIN MAATA AW QUTILAN QALABTUB "ALA A'WQAABIKUM.....

YANG LEBIH KURANG ARTINYA  " Muhammad itu tidak lain  hanyalah seorang rasul, apakah jika ia wafat atau dibunuh  kalian akan berbalik kebelakang ( kembali kepada kekafiran ? murtad "..... hingga akhir ayat.

Begitu juga pada saat para shahabat tidak mengetahui dimana  harus dikuburkan rasulullah s.a.w maka Abubakar r.a. tampil pada saat itu dan mengatakan " Dimana para nabi wafat, maka disitulah kuburnya". Kerana rasululllah wafat dirumah 'aisyah r.a. maka akhirnya beliaupun dimakamkan di rumah 'aisyah r.a.

Abubakar r.a. adalah seorang yang punya karakter tegas dan penuh pendirian , ia r.a. pernah berkata " Kalau di zaman rasulullah s.a.w. orang-orang membayar zakat unta beserta dengan tali-talinya, maka di zamanku pun orang-orang harus membayar zakat unta beserta dengan tali-talinya".

Seorang ulama yang tak jauh dari zaman kita pernah berkata dalam nasehatnya "Orang yang paling dekat dengan rasulullah s.a.w adalah orang yang paling banyak berkorban untuk agama". maksudnya adalah Abubakar r.a.

kata-kata mutiara :

" Agama hari ini ( agama islam ), tidak aklan maju dan berkembang melainkan jika ada orang yang mau mengorbankan dunianya untuk agama ".

Selesai.

AC. 1: 3

02-02-2022 / 2222 / 2 2 2022  jam 15:36 wib. Bulan Rajab.

☺☺
 

tunggu kisah2 yang lainnya..




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak batal puasa Menurut fiqh

Kisah Hudzaifah dan Umar